Tuesday, February 4, 2014

Tips Memacu Kreatifitas


By AkuHebat on 9:05 PM

#AkuHebat - Kreatifitas itu mahal harganya. Ga banyak orang yang bisa menciptakan kreatifitas dan menumpahkan kedalam bentuk karya baik itu seni, hasil usaha, recycling dll. Orang yang punya kreatifitas dari kecil bisa di bilang sebuah Gift atau pemberian.

Ga sedikit orang pengen punya kreatifitas yang lebih dan terus berkembang. Sampe-sampe nih ada orang yang pergi jauh dan menghabiskan uang mencari informasi atau inspirasi yang bisa menciptakan kreatifitas yang kreatif.

Di jaman saat ini orang yang kreatif punya nilai plus dan punya kesempatan yang jauh lebih besar untuk suskes.

Terus buat kamu yang pengen kreatif, gimana caranya? AH akan beri tips-tips nya nih dan ga perlu habisin uang banyak. Nah langsung aja deh.

Tips Memacu Kreatifitas

1. Cari Passion Kamu
Sebuah Kreatifitas muncul karena orang Kreatif selalu punya Passion. Contoh: Designer Baju. Kalo seorang designer baju ga punya passion terhadap bajunya, AH jamin karya-karya bajunya ga akan berkembang dan ga bisa "nangkep" setiap tren, dan baju-bajunya pun biasa aja karena ga ada kembangannya.

2. Ubah Why Jadi How
Apa maksudnya? Maksudnya coba kamu biasakan setiap menghadapi masalah ubah kata Why jadi How. Dengan hanya mengubah pola pikir seperti itu, otak kamu akan terpacu untuk mencari solusi. Coba deh, kalo lagi ketemu masalah ubah pola pikirnya. Orang yang selalu menggunakan kata Why biasanya sering beralasan dan menyalahkan keadaan di bandingkan dengan orang yang mengubah pola pikir ke How.

3. Buat Hadiah
Apa nih maksudnya? AH sering banget nih. Kalo lagi mandek banget nih otak, biansanya Editor AH selalu self motivation ke diri sendiri dan ngasih hadiah. Hadiahnya bisa apa aja yang kamu senengin. Contoh suka sama makanan Jepang: Kalo kerjaan ini selesai, abis ini makan-makanan Jepang ah. Nah kamu bisa lakuin itu sendiri. Biasanya AH langsung dapet secercah harapan deh.

4. Tetep Inovatif
Pancing otak kamu untuk menciptakan hal-hal baru. Coba hal-hal baru. Keluar dari "kotak" keseharian kamu. Salah satu Editor AH yang penggila seni kalo lagi nyari inspirasi, biasanya "keluar" dari dunia seni dia. Baca-baca informasi di forum tentang pengetahuan umum, baca-baca majalah tentang marketing sampe tentang dapur untuk nyari inspirasi yang cocok sesuai tema yang di butuhin.

5. Brainstorming
Tuker pikiran sama orang satu alur atau sekitar. Ini penting loh, apalagi untuk orang-orang design. Dengan bertukar pikiran kamu akan dapetin hal-hal yang kamu ga tau. Mungkin aja pengetahuan kamu nilainya 10, tapi mungkin orang lain ada yang nilainya 15 atau bahkan lebih. Jadi, diskusi atua tuker pikiran.

6. Imajinasi
Ini penting juga nih. Orang kreatif perlu imajinasi. Jangan keseringan lihat data fakta dan terpaku disana. Data fakta ya cuman data fakta. Sulit itu masih bisa ketimbang Tidak Mungkin.

7. Fokus
Fokus pada solusi. Fokus sama yang bisa kamu lakukan, bukan fokus pada apa yang kamu ga bisa lakuin. Fokus kelebihan bukan kekurangan.

Itu dia Tips Memacu Kreatifitas dari #AkuItuHebat

Kalo kamu mau nambahin boleh aja, isi di komen yaaa.

Aku Hebat (admin)

Akuhebat is an author who is blessed with the art of Blogging, He love to Blog day in and day out,He is an Entrepreneur and a Certified Hypnotherapi.

0 comments:

Post a Comment