Saturday, January 18, 2014

11 Jurus Meningkatkan Kepercayaan Diri


By AkuHebat on 11:00 PM

percaya diri
#AkuHebat - Bagaimana Meningkatkan Kepercayaan Diri?? hmm rupanya pertanyaan ini sudah tidak asing lagi di telinga para pemuda dan pemudi di Indonesia. mimin pun pernah mengalami hal ini sampe harus gemeteran waktu di panggil untuk membaca pidato di depan kelas. atau pun mungkin ga percaya diri dengan diri sendiri dan kemampuan pribadi. well ini lah pengalaman mimin saat mengatasi kepercayaan diri. Dan ketika mencobanya, HOLAA ajaib! Ampuh sekaliii. mungkin Anda patut mencobanya.
okeeey, langsung saja silahkan disimak! :)
Kepercayaan diri menjadi salah satu penentu dalam kita menjalani hari dan kehidupan. Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi biasanya mudah bergaul dan mendapat teman. Mereka cenderung memiliki hubungan yang lebih baik dengan teman sebaya dan orang dewasa. Mereka merasa lebih bahagia, lebih mudah menerima kesalahannya, berurusan dengan kegagalan dan kekecewaan, dan cenderung mampu bertahan pada sesuatu hingga berhasil (meski pernah gagal). Memang dibutuhkan usaha untuk mengembangkan kepercayaan diri, tapi jika Anda berhasil melakukannya, Anda memiliki modal besar untuk bahagia dengan kehidupan Anda.
Kepercayaan diri menyangkut seberapa besar kita merasa dihargai, dicintai, diterima, dan dianggap baik oleh orang lain. Namun fakta yang sering tak kita sadari adalah, kepercayaan diri sebenarnya ditentukan oleh seberapa banyak kita menghargai, mencintai, dan menerima diri sendiri. Ya, diri sendiri.
Seorang pribadi dengan kepercayaan diri yang sehat, akan mampu merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Mereka menghargai nilai-nilai yang mereka pilih atau percayai, mereka juga bangga pada kemampuan, keterampilan, dan prestasi yang dimiliki. Orang kepercayaan dirinya rendah mungkin merasa seolah-olah tidak akan ada yang menyukai dirinya, atau tak ada yang mau menerima dia. Buruknya lagi, dia merasa tidak dapat melakukan apapun dengan baik. Oh, betapa ia menyia-nyiakan dirinya sendiri.
Nah, Anda tidak ingin hal-hal buruk akibat kepercayaan diri yang rendah mengacaukan hidup Anda yang berharga, bukan? Jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan diri Anda, berikut adalah beberapa langkah untuk mulai memberdayakan diri sendiri:
1. Cobalah untuk berhenti berpikir negatif tentang diri Anda. Jika selama ini Anda terbiasa fokus pada kekurangan Anda, mulai sekarang, berpikirlah tentang hal-hal positif yang Anda miliki. Yakinlah, Anda memiliki lebih banyak hal positif dan lebih penting. Ketika Anda sedang merasa kurang percaya diri, lawanlah dengan mengatakan sesuatu yang positif tentang diri Anda. Setiap hari, tuliskan tiga hal tentang diri Anda yang membuat Anda bahagia.
2. Cobalah Hal-hal Baru
Mencobai sesuatu yang baru dapat merangsang Anda mengenali kemampuan-kemampuan yang tadinya tak Anda sadari.
3. Berbanggalah Dengan Kemampuan-kemampuan Baru Itu
Bangga dengan pendapat dan ide-ide Anda. Jangan takut untuk menyuarakan mereka.
4. Tentukan Tujuan 
Pikirkan tentang apa yang Anda ingin capai, kemudian buatlah rencana bagaimana melakukannya. Setialah pada rencana Anda, dan ikuti setiap kemajuannya.
5. Kejarlah Prestasi, BUKAN Kesempurnaan 
Beberapa orang menjadi tak bisa berbuat apapun karena mengejar kesempurnaan. Daripada menahan kemajuan diri dengan pikiran seperti, “Aku tidak akan main musik lagi sampai punya gitar baru”, lebih baik pikirkan hal-hal yang bisa Anda lakukan dengan baik, tentang apa yang Anda sukai, dan LAKUKAN saja.
6. Lihat Kesalahan Sebagai Kesempatan Belajar
Terimalah bahwa Anda melakukan kesalahan sebagaimana semua orang pernah melakukannya. Kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Ingatkan diri Anda bahwa bakat seseorang terus-menerus berkembang, dan semua orang memiliki kelebihan pada hal-hal yang berbeda – itu yang membuat orang yang menarik.
7. Berikan Kontribusi
Membantu membersihkan lingkungan, membantu teman yang sedang kesulitan, atau menjadi sukarelawan (volunteer) pada lembaga sosial, adalah beberapa pilihan. Dengan demikian Anda telah membuat perbedaan, dan bahwa bantuan Anda tersebut dihargai tentu akan meningkatkan kepercayaan diri Anda.
8. Olahraga! 
Olahraga dapat meredakan stres, dapat membuat Anda lebih sehat dan lebih bahagia.
9. Kenali Apa Yang Bisa Anda Ubah, dan Apa Yang Tidak Bisa 
Jika Anda menyadari bahwa Anda tidak puas dengan sesuatu pada diri Anda (dan itu bisa diubah), lakukan perubahan hari ini juga! Jika sesuatu yang kurang memuaskan Anda itu mungkin sulit (baca:Masih mungkin) bisa Anda ubah (misal: tinggi badan), maka lebih baik mulailah untuk berusaha menerima diri apa adanya.
10. Bersenang-senang!
Nikmatilah waktu bersama dengan orang-orang yang Anda sayangi, lakukanlah hal-hal yang Anda sukai. Santai, nikmatilah hidup Anda.
11. Apa Adanya 
Ya! Apa adanya merupakan salahs satu efek yang cukup kuat. banyak orang yang tidak apa adanya hanya untuk pamer, dan cenderung menutupi diri. justru hal itu tidak menghargai dirinya sendiri dan akan memperburuk keadaan. jadilah diri sendiri dan banggalah terhadap diri sendiri. dari 6 Miliyar orang di dunia. hanya ada 1 yang seperti Anda. ya! Anda Sendiri.
Tidak pernah ada kata terlambat untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri yang sehat. Memang ada beberapa luka emosional yang dalam yang kadang meluluhlantakkan Kepercayaan Diri seseorang. Sebagai contoh, peristiwa perkosaan, korban kekerasan dalam pacaran, juga hilangnya anggota badan. Untuk kasus semacam ini, bantuan profesional seperti psikolog, konselor atau terapis dibutuhkan. Para ahli profesional ini akan bertindak sebagai pemandu, membantu orang belajar untuk mencintai diri sendiri dan menyadari hal-hal unik dan spesial yang ada pada dirinya.
begitulah cara Meningkatkan Kepercayaan Diri dari pengalaman mimin dan dari buku-buku yang mimin baca. well semoga bermanfaat yaa :)
ayuuukkk follow kita disini dan like Facebook Fanpage kita disini. tunggu update selanjutnya. terima kasih ^^
sumber : InfoPsikologi dan literatur

Aku Hebat (admin)

Akuhebat is an author who is blessed with the art of Blogging, He love to Blog day in and day out,He is an Entrepreneur and a Certified Hypnotherapi.

0 comments:

Post a Comment